Pengembangan Karawang New Industrial City

Pengembangan Karawang New Industrial CityPada saat ini Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan kawasan industri khususnya di Karawang dan sekitarnya dengan berbagai infrastruktur yang strategis. Dalam pengembangannya Karawang New Industrial City (KNIC) bisa menjadi salah satu momentum untuk pembangunan kawasan industri baru yang berkelas dunia yang dapat mendorong Inovasi dan pertumbuhan di Karawang. Kawasan Industri dapat memegang peranan yang sangat strategis untuk mendorong pertumbuhan dalam industri pada suatu wilayah karena hal tersebut dapat memberikan beberapa keuntungan yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi regional yang lebih besar. Karawang adalah pusat pabrik industri dari mulai otomotif sampai dengan produksi electronik, manufacturing dan lain-lain. Karawang merupakan daerah yang strategis untuk masuknya perusahaan perusahaan asing yang bisa membangun pabrik yang akan berpengaruh sebagai sumber daya manusia. Sehingga Karawang Jawa Barat merupakan pusat industri terbesar yang ada di Indonesia.

KNIC mempunyai suatu konsep bahwa Kawasan Industri adalah salah satu bagian dari pengembangan kawasan industri yang terintegrasi pada kelas dunia. Dengan keberadaan kota industri menjadi suatu harapan yang bisa berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan menciptakan multiplier effect yang sangat bermanfaat bagi perkembangan sosial ekonomi di Karawang dan sekitarnya. Dalam pengembangan Kawasan Industri akan menjadi perhatian utama dan masuk pada paket kebijakan ekonomi pemerintah. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong pengembangan kawasan industri yang atraktif sebagai pendekatan pengembangan wilayah agar dapat mempercepat pemulihan industri dengan tidak menimbulkan pemutusan hubungan kerja dan dapat meningkatkan daya saing industri supaya sejajar dengan negara-negara lainnya. Salah satu yang akan menjadi motor penggerak dalam mewujudkan pembangunan industri yang menyebar dan merata ke seluruh wilayah dengan adanya pembangunan kawasan industri. Salah satu Deputi bidang perencanaan penanaman modal badan koordinasi penanaman modal ikut mendukung masuknya investor global dalam membangun infrastruktur dan kawasan industri yang terintegrasi. Dengan keberadaannya investor bisa menjadi harapan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi regional dan nasional yang akan berkelanjutan serta dapat bersaing secara global. Dengan adanya kaki KNIC bisa menjadi salah satu Mitra untuk pemerintah dalam membuka lapangan kerja baru dan bisa berperan aktif dalam pembangunan perekonomian Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan data yang ada himpunan Kawasan Industri pada saat ini setidaknya terdapat 25 kawasan industri di provinsi Jawa Bara dengan rencana pembangunan lahan sekitar 12.500 ha. Dengan adanya kondisi tersebut dapat menunjukkan tingginya minat berinvestasi pada sektor industri di provinsi Jawa Barat terutama untuk mendorong banyak Kawasan Industri dengan ketersediaan infrastruktur penunjang industri yang sudah memadai.

Di Kerawang memiliki iklim investasi yang paling diminati bagi para investor dibandingkan dengan daerah lainnya. Pemerintah Kabupaten Karawang pada saat ini dalam setahun sudah bisa memberikan konstribusi 18 triliun kepada pemerintah provinsi Jawa Barat. Dengan adanya iklim investasi di Karawang akan bisa membawa kemajuan yang akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Pada saat ini produk domestik regional bruto di Kabupaten Karawang telah menjadi investasi yang besar dalam urutan ketiga di Jawa Barat. Dari data Badan Pusat Statistik mencatat PDRB di Kabupaten Karawang hanya beda sedikit di bawah Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. PDRB Karawang memiliki penyumbang tertinggi yaitu sektor industri pengolahan notabene yang berada di kawasan industri sebesar Rp 130,7 triliun atau sama dengan 71,5% dari total produk kosmetik yang ada di daerah. Sehingga dengan keberadaan KNC sebagai Kota industri yang sudah terintegrasi dapat menjadi suatu harapan untuk turut mendorong pengembangan kota industri di daerah.

 

kategori: