Cara Mengajarkan Sikap Berani Bicara Kepada Anak

Cara Mengajarkan Sikap Berani Bicara Kepada Anak

Salah satu sikap yang wajib dimiliki oleh seorang anak adalah kemampuan untuk berani bicara baik dihadapan temannya maupun orang lain sehingga kepercayaan dirinya bisa terbangun dengan baik. Namun terkadang orang tua lupa ataupun memang tidak mengajarkan sikap penting ini sehingga anak cenderung menjadi sosok yang pemalu hingga pendiam karena memang dia merasa kesulitan bicara didepan banyak orang. Hal ini tentu akan membuat anak mengalami banyak kerugian terutama ketika sedang melakukan debat sederhana maupun yang cukup kompleks karena anak tidak mampu berbicara dan mengemukakan pendapatnya. Karena itu orang tua wajib mengajarkan sikap ini melalui beragam cara yang bisa diambil dari beberapa cara dibawah ini.

  • Contohkan secara langsung

Salah satu langkah paling efektif untuk mengajarkan sikap berani bicara yang baik adalah dengan mencontohkan langsung bagaimana cara mengeluarkan pendapat pribadi dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara cara sederhana ketika keluarga berkumpul maupun disaat lainnya. Contoh lainnya adalah dengan keberanian untuk berbicara kepada pasangan sebagai contoh paling nyata bagi anak untuk memiliki sikap ini.

  • Luangkan waktu berkumpul dan berkomunikasi

Tidak jauh berbeda dengan mencotohkan secara langsung, yakni dengan mengajak keluarga lebih sering berkumpul dan berkomunikasi sehingga anak lebih percaya diri dengan aktifnya anak didalam keluarga. Yang terpenting dalam hal ini adalah tidak ada suasana yang kurang kondusif seperti perasaan marah dan sebagainya sehingga anak tidak merasa takut ketika ingin berbicara.

  • Jangan mudah memarahi anak

Yang paling penting adalah orang tua harus terus bersikap sabar dan tidak marah sehingga anak akan merasa nyaman berbicara kepada orang tuanya. Jika orang tua sering memarahi anaknya, maka akan terbentuk sebuah pemikiran didalam pikiran anak bahwa jika dia berbicara kepada orang tuanya pasti akan dimarahi.

Untuk membuat suasana berkumpul dan berbicara agar anak bisa berani bicara selalu sajikan teh Sariwangi untuk menemani kegiatan bersama keluarga ini lebih nikmat dan sejuk. Demikian beberapa cara yang bsia digunakan oleh orang tua untuk membantu dan mengajarkan anak cara agar berani mengungkapkan pandangannya kepada orang lain.

kategori: