Cara Kerja Teknologi NFC “Near Field Communication”

  • Sharebar

Cara Kerja Teknologi NFC
NFC singkatan dari “Near Field Communication”, satu teknologi wireless yang terintegrasi pada smartphone generasi baru. Pada OS Smartphone Android, kita dapat menemukannya pada Android versi 2.3 “Gingerbread” keatas. Tapi tidak semua smartphone memiliki fitur NFC, karena teknologi ini memerlukan chip terintegrasi didalam perangkatnya.

Walau NFC sendiri belum terlalu populer di Indonesia, tapi teknologi ini sudah mulai dipakai dinegara maju. Orang bisa membayar tiket bus, belanja supermarket, membuka kunci apartemen dan lain-lain hanya dengan mendekatkan HP mereka ke terminal NFC. Suatu saat kita mungkin tidak memerlukan dompet lagi, karena fungsi itu digantikan oleh NFC.

Salah satu layanan populer yang menggunakan NFC adalah Google Wallet yang dikembangkan Google. Wallet merupakan sistem pembayaran terintegrasi menggunakan akun Google yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi berbasis Web & NFC.
Cara Kerja Teknologi NFC

NFC merupakan pengembangan dari teknologi RFID (Radio Frequency ID) yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola identitas item barang. Peritel seperti Carrefour menggunakan RFID untuk menjaga keamanan barang-barang yg tergolong mahal. Pemilik mobil juga bisa memasang e-Toll di mobil mereka agar tidak perlu antre di loket Tol. E-Toll menggunakan teknologi RFID didalamnya.

RFID harus menggunakan peralatan khusus yang tidak bisa digunakan secara personal, sehingga pemanfaatannya kurang luas. Sedangkan NFC bisa digunakan secara personal, karena diintegrasikan pada Smartphone & tablet.

Cara kerja NFC sendiri mirip dengan Bluetooth & WiFi, yaitu melakukan koneksi Wireless berbasis frekuensi radio. Perbedaannya sbb :

  •   Koneksi Bluetooth/WiFi menggunakan setting teknis tertentu, NFC hanya perlu melakukan Tap (mendekatkan Smartphone pada terminal NFC).
  •   Bluetooth & WiFi menggunakan frekuensi 2.4 – 2.5 GHz, sedangkah NFC menggunakan frekuensi rendah 13.56 MHz
  • Jarak transfer Bluetooth ~ 3m, WiFi ~ 100m, sedangkan NFC tidak lebih dari 20 cm.
  •  NFC hanya mentransfer data kapasitas rendah (satuan kilobyte), karena hanya untuk melakukan otorisasi, informasi kecil, transaksi & pembayaran.
  • Waktu setup koneksi NFC hanya < 0,1 detik, sedangkan Bluetooth/WiFi bisa lebih dari 6 detik.

NFC memerlukan dua perangkat untuk berkomunikasi, yang dinamakan NFC Reader dan NFC Tags. NFC Reader adalah Smartphone/Tablet pengguna dengan fitur NFC. NFC Tags sendiri merupakan terminal kecil berisi sebuah Chip (IC) NFC dengan antena radio terintegrasi. NFC Tag dapat menyimpan berbagai informasi yang ditentukan oleh penggunanya, misalnya informasi diskon, peta, harga atau tiket. Jadi saat melakukan pembayaran Smartphone dan NFC Tag akan didekatkan, lalu terjadi transaksi otomatis.

Pada prinsipnya, kedua perangkat NFC menggunakan medan elektromagnetik untuk melakukan transfer data. Saat kita mendekatkan Smartphone ke Terminal NFC, NFC Reader akan mengaktifkan signal didalam NFC Tag. Lalu kedua perangkat ini langsung berkomunikasi, dimana NFC Reader mengambil informasi didalam NFC Tag. NFC Reader mengirimkan informasi itu ke server.

Dua Smartphone NFC berkomunikasi

Dua buah Smartphone NFC juga dapat berkomunikasi satu sama lain, artinya kedunya berfungsi sebagai NFC Reader & Tag sekaligus. Hanya dengan mendekatkan keduanya, maka informasi dapat saling dipertukarkan dengan cepat misalnya contact, gambar, foto, dll.
 

Ilustrasi Pemanfaaatan NFC

Untuk memanfaatkan NFC sebagai transaksi pembayaran, pengguna tinggal mendaftarkan kartu kredit/debit mereka dengan sistem Google Wallet, Paypal atau lainnya. Terjadi otorisasi dengan pihak perbankan, berikutnya pengguna mengaktifkan NFC dalam smartphone mereka.

Saat seseorang melihat sebuah poster dengan diskon tertentu, pengguna tinggal mendekatkan Smartphone mereka ke poster tersebut. Tentu saja poster itu sudah dilengkapi dengan NFC Tag didalamnya. Setelahnya pengguna belanja barang yang terdapat di poster, pada saat membayar langsung mendapatkan diskon sesuai yang ditawarkan poster. Potongan akan didapat secara otomatis dalam pembayaran.

Mobil & rumah masa depan nantinya akan dilengkapi dengan kunci NFC. Pengguna tinggal mendekatkan Smartphone mereka ke pintu mobil/rumah untuk membukanya. Jika ada yang membuka paksa, akan ada informasi langsung ke Smartphone penggunanya.

Masih banyak ilustrasi manfaat NFC kedepan, seperti pemesanan/pembayaran tiket transportasi, data kesehatan personal sampai undangan event dalam bentuk digital. Kita masih harus menunggu sampai semuanya bisa terealisasi.

Komentar Anda

 


 

Hubungi Kami

Juragan Mobil Bekas

Jl. Nunyai Indah Blok B NO. 3f
Bandar Lampung, Lampung,  35144
Indonesia
Phone: +6285-27946-8321

Silahkan hubungi kami melalui form kontak

- See more at: http://juraganmobilbekas.com/mobilbekas/honda-all-new-civic-18-matic-201...

Cetek Info

untuk Pemasangan Iklan dan Review

Jl. Nunyai Indah Blok B NO. 3f
Bandar Lampung, Lampung,  35144
Indonesia
Phone: +6285-27946-8321